Pentingnya social media campaign adalah karena kegiatan pemasaran yang terarah dan terususun untuk memperkuat informasi suatu produk melalui media sosial, pasalnya terdapat target fokus, dan juga indikator yang tepat, da ini telah dilakukan oleh banyak brand, yang memiliki berbagai konsep dan juga tujuan. Lalu, apa saja tujuan dari pentingnya social media campaign?
Tujuan Social Media Campaign
Setiap sosial media campaign pasti memiliki tujuan tersendiri. Namun, dari tujuan tersebut terdapat tujuan bersama dari kampanye media sosial itu sendiri.
Edukasi dan Informasi: Kampanye media sosial juga dapat bertujuan untuk memberikan edukasi kepada audiens tentang produk atau layanan, atau memberikan informasi yang bermanfaat terkait industri atau topik terkait.
Dukungan Pelanggan dan Pelayanan: Kampanye dapat dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.
Penguatan Keterlibatan Komunitas: Ini dapat mencakup mengadakan kontes, acara daring, atau menghargai pengikut setia.
Pemantauan Sentimen dan Brand Reputation: Kampanye media sosial dapat membantu merek untuk memantau sentimen publik dan reputasi merek secara keseluruhan.
Peningkatan Penjualan dan ROI: dapat mencakup peningkatan langsung dalam penjualan atau kontribusi positif terhadap metrik penjualan lainnya.
Kalau kamu masih penasaran mengapa begitu penting melakukan kampanye media sosial, simak ulasannya berikut ini.
Alasan Pentingnya Social Media Campaign
Edukasi dan Informasi: Kampanye media sosial juga dapat bertujuan untuk memberikan edukasi kepada audiens tentang produk atau layanan, atau memberikan informasi yang bermanfaat terkait industri atau topik terkait.
Penguatan Keterlibatan Komunitas: Ini dapat mencakup mengadakan kontes, acara daring, atau menghargai pengikut setia.
Pemantauan Sentimen dan Brand Reputation: Kampanye media sosial dapat membantu merek untuk memantau sentimen publik dan reputasi merek secara keseluruhan.
Strategi marketing yang efektif
Aktivitas marketing konvensional memang membutuhkan banyak pengeluaran. Selain itu, pengeluaran tersebut terkadang sulit terukur dan belum tentu kredibel apakah hasilnya mencapai target atau tidak.
Pebisnis kini lebih memilih untuk menjalankan kampanye media sosial karena lebih efektif dan juga efisien.
Misalnya, pebisnis rintisan baru bisa memaksimalkan kampanye media sosial secara organik yang tidak membutuhkan biaya.
Misalnya, beriklan di televisi yang hanya 30 detik saja sudah memakan biaya mahal. Belum lagi kini sudah tidak banyak publik yang menonton televisi.
Melalui social media campaign juga kamu akan akan mendapatkan feedback dalam waktu yang singkat.
- 3. Aktivitas marketing yang terukur dan terkontrol
Dalam menjalankan suatu kampanye, sebaiknya memiliki tujuan, strategi bagaimana tujuan tersebut tercapai, dan cara mengukur apakah tujuan tersebut mencapai keberhasilan atau tidak.
Targeted Marketing
Setiap bisnis tentunya memiliki segmen dan juga positioning pemasaran sendiri. Dengan melakukan kampanye media sosial, kamu akan lebih mudah dapat memilih segmentasi pasar lebih detail.
Misalnya, kamu bisa memilih berdasarkan jenis kelamin, usia, hobby, dan lain sebagainya.
Dengan begitu, kampanye media sosial sangat efektif dan lebih akurat daripada kampanye media konvensional.
Kamu juga bisa menampilkan konten berbeda untuk setiap segmen dan juga positioning bagi target pasar tertentu
5. Media yang tepat untuk menjaga hubungan dengan konsumen
Salah satu asset yang berharga dalam berbisnis yaitu menjaga loyalitas dari konsumen. Oleh karena itu, sebagai pebisnis harus cermat dan jeli menjaga loyalitas dari konsumen.
Strategi Social Media Campaign
Kampanye media sosial kini tengah digemari oleh pebisnis karena banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional.
Namun, memerlukan strategi yang baik agar pesannya sampai ke target market dan juga mencapai tujuan yang diharapkan.
1. Memiliki konsep konten yang matang dan tepat
Meskipun media sosial memiliki banyak kelebihan, semuanya tidak ada artinya jika tidak dilengkapi dengan konten yang baik
2. Dijalankan secara konsisten
Bisa dibayangkan jika kamu hanya memposting konten dalam waktu satu minggu sekali, kamu tidak akan mendapat impresi dan engagement yang baik.
3. Aktif berinteraksi dengan pengikut
Keaktifan di media sosial menjadi salah satu kunci untuk menarik minat calon konsumen jikalau kita mempunyai pengikut aktif bukan tak mungkin akan mendatangkan calon pembeli produk yang kita aktif kampanye kan di sosial media.
4. Menggunakan Jasa Sosial Media
Salah satu cara kampanye sosmed bisa sukses adalah dengan menyewa jasa sosial media, kami bisa membantu anda untuk optimalkan social media campaign anda berikut layanan jasa kami